Kasus Monkeypox Mulai Terdeteksi di Indonesia

Kasus cacar monyet/Monkey Pox telah terkonfirmasi masuk ke Indonesia. hal ini disampaikan oleh dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH selaku Juru Bicara Kementerian Kesehatan dalam keterangan persnya yang diselenggarakan pada 20 Agustus 2022. Kasus pertama ini ditemukan pada tubuh seorang laki-laki berusia 27 tahun dengan riwayat perjalanan ke beberapa negara seperti Belanda, Swiss, Belgia, dan Prancis.

 

Dalam keterangannya, dr. Mohammad Syahril mengungkapkan bahwa saat ini pasien terkonfirmasi monkeypox berada dalam kondisi yang baik-baik saja dan tidak mengalami sakit berat. Selain itu juga pada kulit pasien ditemukan ruam-ruam yang berada di muka, telapak tangan dan juga kaki.

 

Dengan kondisi demikian, pasien dinyatakan tidak perlu mendapatkan perawatan di rumah sakit, namun cukup untuk melakukan isolasi mandiri.

 

Lebih lanjut dr. Mohammad Syahril juga menyampaikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia diharapkan tidak panik dengan adanya temuan tersebut. Hal ini dikarenakan, daya tular dan fatalitas cacar monyet sangat rendah apabila kita bandingkan dengan daya tular serta fatalitas dari Covid-19.

 

Namun demikian, masyarakat diharapkan tetap dapat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan berbagai langkah pencegahan Monkeypox, serta bersegera dalam melakukan isolasi mandiri dan melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat melalui fitur telemedicine apabila mengalami gejala monkeypox, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.