Komitmen Eliminasi TBC, Menkes Targetkan 90% Penderita TBC Terdeteksi di 2024

Tuberculosis adalah salah satu penyakit yang cukup mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan diduga terdapat 824 Ribu masyarakat Indonesia yang terkonfirmasi sebagai pasien TBC. 

 

Melihat kondisi tersebut, maka Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI meminta kepada seluruh jajaran kesehatan untuk memprioritaskan pencarian penderita TBC di tengah masyarakat Indonesia.

 

Pada pelaksanaan, pemerintah memberikan target sebanyak 90% dari jumlah diatas dapat terdeteksi berdasarkan nama dan alamat di tahun 2024. Menurut strateginya, pemerintah sudah membuat protokol yang baru, kerja sama dengan berbagai asosiasi dan organisasi profesi. Termasuk juga mendorong dana Global Fund agar pendeteksian ini dapat terealisasi lebih cepat.

 

Dalam waktu dekat, pemerintah akan melaksanakan pilot project genome sequencing mobile yang saat ini sudah tersedia genome sequencing baru yang memiliki ukuran sebesar handphone untuk mendeteksi varian bakteri dengan cepat, sehingga pasien bisa segera mendapatkan penanganan dan diberi obat yang tepat.

 

Sebagai penutup, pemerintah berkomitmen untuk mencapai eliminasi TB pada tahun 2030 dengan target insiden rate 65/100.000 penduduk dengan angka kematian 6/100.000 penduduk.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.