Pesan Kementerian Kesehatan saat Peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia 2022

Tepat pada 17 September 2022, kementerian kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan menggelar puncak peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia yang berlokasi di RSUP Fatmawati, Jakarta.

 

Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid (daring dan luring) tersebut turut menghadirkan beberapa instansi kesehatan seperti Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Direktur RSUP Fatmawati, Komite Nasional Keselamatan Pasien (KNKP) serta dihadiri secara daring oleh Menteri Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota, organisasi profesi PERSI dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

 

Pada sambutannya, Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI menyatakan bahwa prioritas dalam pelayanan kesehatan adalah keselamatan pasien, sehingga dengan demikian hal tersebut harus dijadikan acuan utama para petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan berusaha untuk mencegah terjadinya cedera dan insiden pada pasien.

 

Lebih lanjut, Menteri kesehatan mengingatkan kepada tenaga kesehatan khususnya tenaga farmasi untuk dapat membudayakan 3 slogan WPSD 2022, yaitu:

 

1. Know : yakni pahami obat dan efek sampingnya.

2. Check :  apakah pemberian obat sudah sesuai dengan 5 benar yaitu benar identitas pasien, benar nama obat, benar cara pemberian obat, benar dosisnya dan waktu pemberian obat.

3. Ask : tenaga kesehatan bertanya kepada pasien untuk memastikan pasien memahami penjelasan dan pengobatan yang diberikan, selain itu pasien juga bisa bertanya kepada tenaga kesehatan mengenai detail dari pengobatan yang akan diterima.

 

Dengan menerapkan sloan tersebut, diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik oleh seluruh pihak baik tenaga kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, pasien, keluarga, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan, untuk menunjukkan komitmen menempatkan kesehatan dan keselamatan pasien sebagai prioritas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.