Kabar PIM

Teh Serangi Ciptaan Mahasiswi Poltekkes PIM Mampu Turunkan Tekanan Darah Dan Kolesterol

Indikraf.id, Malang – Memanfaatkan kegemaran masyarakat Indonesia yang menyukai konsumsi teh dalam aktivitas setiap harinya, ditangkap menjadi peluang bagi tiga orang mahasiswi Politeknik Kesehatan Putra Indonesia Malang (Poltekkes PIM) yang berhasil menciptakan inovasi dalam bentuk teh dengan menggunakan bahan baku tanaman Serai dan Kemangi.

Meskipun kedua jenis tanaman yang dipadukan tersebut memiliki rasa yang sama-sama kuat, namun atas bimbingan dosen Poltekkes PIM yakni Ambar Fidyasari S. TP, MP., membuat Rozitha Oktaviana dan Lenina Islami Arnestya Guevara serta Nafila Nada Dzikri mampu menghasilkan teh celup merek Serangi tersebut sangat nikmat dikonsumsi tanpa ada aroma yang kuat dari Kemangi ataupun Serai.

“Alasan mengapa kami menggunakan dua bahan alami ini karena bahan tersebut sangatlah banyak ditemukan di Indonesia, dan yang kedua saat terjadi pandemi beberapa waktu lalu masyarakat banyak yang kembali menggunakan obat herbal atau obat dengan bahan alami untuk menjaga daya tahan tubuh mereka,” ungkap anggota tim yakni Lenina Islami Arnestya Guevara.

Menurut mahasiswa yang memiliki kampus di Jalan Barito nomor 5 Blimbing kota Malang ini, Teh Serangi karya mereka tersebut memiliki kandungan yang kaya antioksidan dan juga vitamin C sehingga dapat dipergunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu menurunkan tekanan darah serta kolesterol.

“Kami melakukan percobaan dan analisa hingga mampu membuat produk teh Serangi ini kurang lebih satu bulan dimana untuk sementara bahan kami beli dari pasar tradisional dan langsung kami olah hingga menjadi kering dan kita haluskan dan dikemas,” ungkap Lenina Islami Arnestya Guevara.

Dikemas dalam dua bentuk produk yakni box dan pouch, Teh Serangi sudah dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh dan menurunkan tekanan darah ataupun kolesterol.

Saat berita ini ditayangkan, tiga mahasiswi Poltekkes PIM ini tengah mengikuti pameran dalam kegiatan Seminar Nasional dan Kongres P3FNI di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya. 

 

Sumber Berita  : https://indikraf.id/teh-serangi-ciptaan-mahasiswi-poltekkes-pim-mampu-turunkan-tekanan-darah-dan-kolesterol/

The post Teh Serangi Ciptaan Mahasiswi Poltekkes PIM Mampu Turunkan Tekanan Darah Dan Kolesterol appeared first on .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *