KOPI BIJI PEPAYA APAKAH ITU?

Pepaya (Carica papaya) merupakan tanaman buah yang telah menyebar luas di Indonesia. Buah pepaya memiliki tekstur yang lembut ketika sudah masak dengan rasa yang enak dan hampir semua orang menyukai buah tersebut. Selain rasanya yang enak buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang relatif tinggi. Seiring dengan meningkatnya konsumsi buah pepaya, biji pepaya yang memiliki rasa pahit hanya dibuang begitu saja dan tidak ada yang memanfaatkannya. Perlu diketahui bahwa tidak hanya buah pepaya yang memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh tetapi biji pepaya juga memiliki kandungan yang tidak kalah dengan buahnya.

KANDUNGAN

Biji pepaya mengandung senyawa-senyawa steroid. Kandungan biji dalam buah pepaya kira-kira 14,3% dari keseluruhan buah pepaya. Selain mengandung asam-asam lemak, biji pepaya diketahui mengandung senyawa kimia lain seperti golongan fenol, alkaloid, triterpenoid dan saponin. Ekstrak bijipepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides. Berdasarkan berbagai kandungan yang ada di dalam biji pepaya, maka dibuatlah biji pepaya tersebut menjadi kopi biji pepaya. Ide ini muncul karena biji pepaya memiliki rasa yang pahit sehingga lebih cocok jika dibuat menjadi kopi. Kopi merupakan minuman populer saat ini yang memiliki rasa dan aroma khas yang menjadikan kopi disukai oleh hampir semua kalangan masyarakat.

KHASIAT

Secara tradisional biji pepaya dapat dimanfaatkan sebagai obat cacing gelang, gangguan pencernaan, diare, penyakit kulit, kontrasepsi pria, bahan baku obat masuk angin dan sebagai sumber untuk mendapatkan minyak dengan kandungan asam-asam lemak tertentu. Khasiat biji pepaya berikutnya antara lain :

Ekstrak biji pepaya  mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal.
Membunuh parasit/infeksi jamur.yang bersarang dalam pencernaan.
Mengandung zat antikolesterol yang hebat.
Mengkonsumsi biji buah pepaya  juga bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah.
Biji pepaya ini mempunyai efek hipolipidemia, antioksidan dalam darah .
Mengobati keracunan makanan.
Meningkatkan kesehatan pencernaan.

Proses Pembuatan 

Buah pepaya yang sudah matang dibelah dan diambil bijinya. Dicuci biji pepaya hingga bersih. Biji pepaya yang telah dicuci ditiriskan. Biji pepaya kemudian dikeringkan dengan cara pengeringan menggunakan sinar matahari. Biji pepaya yang telah kering kemudian dilakukan optimasi waktu penyangraian selama 10 menit . Setelah dilakukan penyangraian biji pepaya dihancurkan menggunakan blender, kemudian diayak sampai menghasilkan bubuk kopi biji papaya.

Efek Samping

Meski dinilai mengandung berbagai zat gizi dan kaya manfaat, konsumsi biji pepaya secara berlebihan dapat  menimbulkan efek samping berbahaya. Penelitian pada hewan memperlihatkan konsumsi biji buah ini bisa merusak struktur DNA, mengganggu kerja sel sehat dalam tubuh, hingga menurunkan kualitas sperma.

-JURNAL TEKNOLOGI AGRO-INDUSTRI Vol. 2 No.2 ; November 2015
-hellosehat.com

The post KOPI BIJI PEPAYA APAKAH ITU? appeared first on .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.