PELATIHAN SABUN DAN JAMU GENDONG AKAFARMA_AKFAR PIM

LPPM AKAFARMA-AKFAR PIM, Sabtu 13 Agustus 2022, melaksanakan pelatihan sabun dan jamu gendong bersama dengan  PAC Fatayat Nu Gondanglegi  bertempat di Aula  Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang. Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang, yang terdiri atas  Ketua dan Pengurus Ranting Fatayat NU se Kecamatan Gondanglegi.

Prof. DR. Fauzan zenrif,  wakil Ketua PC NU Kab. Malang dalam sambutannya mengatakan PIM adalah lembaga pendidikan yang juga bergerak dalam pengabdian dan saat ini telah bekerjasama dengan kami untuk mengembangkan ekonomi fatayat. Saat ini Yayasan kami sudah membina UMKM, sehingga dengan  kehadiran PIM diharapkan dapat bersinergi dan bekerja bersama mengembangkan UMKM di kabupaten Malang.  Kedepan kita akan mendirikan BMT dan membawahi beberapa koperasi fatayat. PIM dapat bekerjasama  membuka klinik yang didalamnya terdapat apotik  dan Asisten apoteker dari PIM. Yang kita lakukan saat ini bukan hanya sekedar pelatihan saja, suatu saat nanti produk jamu + sabun nya harus bisa berproduksi  hingga dapat dijual di UMKM dan produk jamunya diminum oleh fatayat NU. Sehingga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat secara maximal. Pelatihan  yang kita lakukan harus berlanjut menjadi pengembangan ekonomi sehingga menjadi ilmu yang bermanfaat. 

Pengurus PAC dan Ketua Ranting Fatayat NU Gondanglegi mengungkapkan suatu kehormatan bagi PAC gondanglegi bisa bekerja sama dengan  LPPM Akfar Akafarma PIM,  semoga kerja sama ini terus memberikan motivasi pada warga NU khususnya warga Fatayat untuk dapat menghasilkan  produk setelah pelatihan.

Ketua LPPM AKAFARMA-AKFAR PIM apt. Tri Danang Kurniawan, S.Si., M.Farm. berharap setelah pelatihan  ini dapat mengembangkan produk sampai pemasaran . Saat ini pelatihan diarahkan agar produk layak dipasarkan.  Terimakasih kepada (IAI) Al-Qolam dan Fatayat Nu yang telah  menerima kami dari AKAFARMA-AKFAR PIM  hingga dapat memberikan pelatihan ini. Semoga pelatihan ini  dapat bermanfaat bagi kita semua .

Pada kegiatan pelatihan ini diikuti pula dengan penandatanganan MOU kerjasama antara LPPM AKAFARMA-AKFAR PIM dengan Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang. Proses pelatihan pembuatan jamu dibimbing oleh Dr. Erna Susanti, M.Biomed, Apt  dan  apt. Ellyvina Setya Dhini, S.Si., M.Farm. ,  meliputi pengenalan bahan alam yang berkhasiat, penyiapan simplisia bahan alam yang benar, proses pemilihan bahan yang digunakan, informasi faktor yang berperan pada kualitas produk , praktek pembuatan jamu hingga pengemasan dan diakhiri dengan informasi tentang perijinan . Produk hasil pelatihan  yaitu Jamu cair dalam kemasan botol

Proses pelatihan pembuatan sabun dibimbing oleh apt. Tri Danang Kurniawan, S.Si., M.Farm., Meiria Istianasari AMd. SPd.M.Si.  dan Anisa Lailatusy Syarifah,SSi., M.Si.. Pelatihan  dibantu oleh beberapa mahasiswa AKFAR  yaitu Niken eka lidiani, Fajriana ikra pratidina, Septianda kusuma pratiwi. Beberapa produk yang dihasilkan dalam pelatihan  yaitu hand wash, sabun cuci piring dan handsanitaiser . Peserta pelatihan membawa pulang produk yang dihasilkan sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

 

HUMAS PIM

The post PELATIHAN SABUN DAN JAMU GENDONG AKAFARMA_AKFAR PIM appeared first on .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.