PIM News,  Umum

AKFAR PIM Membuka Program RPL

Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang (AKFAR PIM) kembali menunjukkan komitmen  untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Pada tahun ini, kampus yang berlokasi di Jalan Barito Nomor 5 Kota Malang, kembali membuka program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

RPL merupakan suatu program percepatan peningkatan kualifikasi pendidikan yang merupakan kerja sama lintas bidang oleh beberapa Kementerian, seperti halnya antara Kemendikburistek dan Kementrian Kesehatan. Meskipun di akhir tahun 2020 jumlah tenaga kesehatan di Indonesia yang kualifikasinya telah meningkat melaui program RPL sebanyak 34.628 orang, tapi kenyataan di lapangan masih banyak tenaga kesehatan dengan kualifikasi di bawah Diploma III. Termasuk di dalamnya adalah tenaga kesehatan di bidang farmasi.

Atas dasar fakta tersebut, sejak tahun 2021 AKFAR PIM ikut ditunjuk sebagai salah satu penyelenggara program RPL oleh Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Badan PPSDM Kesehatan) Kemenkes RI. AKFAR PIM telah meluluskan 34 tenaga kesehatan melalui program RPL tahun 2021 yang tersebar pada berbagai fasilitas pelayanan kesehatan (apotek, rumah sakit, klinik kecantikan) dan distribusi (pedagang besar farmasi).

Di tahun 2022, AKFAR PIM kembali membuka pendaftaran Program RPL bagi tenaga kesehatan bidang farmasi yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Persyaratan tersebut antara lain tenaga kesehatan yang dikhususkan merupakan lulusan Sekolah Menengah Farmasi (SMF) atau Sekolah Asisten Apoteker (SAA), bukan lulusan SMK Farmasi, dan juga telah menjalankan pekerjaan keprofesiannya di fasilitas pelayanan kesehatan selama 5 tahun.

Periode pendaftaran program RPL di AKFAR PIM untuk tahun 2022 berlangsung mulai 27 September 2022 hingga 15 Oktober 2022. Informasi terkait teknis pendaftaran program RPL dapat dilihat pada info berikut :

The post appeared first on AKFAR PIM Membuka Program RPL .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *