PIM News,  Umum

GAS AIR MATA MENGAPA BERBAHAYA ?

Gas air mata adalah senjata kimia berupa gas yang dapat menyebabkan iritasi pada mata /sistem pernapasan. Gas air mata bisa digunakan  dalam bentuk semprotan ataupun granat. Alat ini digunakan untuk melumpuhkan dan biasa digunakan untuk melawan kerusuhan .
Gas air mata sebenarnya bukan gas tetapi mengandung bubuk putih padat yang menjadi aerosol saat dicampur dengan pelarut. Gas air mata menjadi cairan asam menyakitkan dan membuat batuk saat dicampur air, keringat, dan minyak di kulit jika terkena panas dan lembap efeknya terasa lebih nyeri.  Kandungan, efeksamping dan penanganan jika terpapar gas airmata dapat dijelaskan pada ringkasan berikut ini :

KANDUNGAN

Bahan kimia yang sering dipakai pada gas air mata antara lain gas CS (2-klorobenzalmalononitril, C10H5ClN2), CN (kloroasetofenon, C8H7ClO), CR (dibenzoksazepin, C13H9NO), dan semprotan merica (gas OC, oleoresin capsicum). salah satu kandungan dari gas air mata adalah  CN dan CS. Bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi pada mata, sistem pernapasan, dan kulit.

EFEK SAMPING

Efek samping ketika seseorang terpapar gas air mata antara lain: 

1. Mata merah, gatal dan penglihatannya kabur.

2. Iritasi mulut seperti rasa terbakar 

3. Produksi Air liur meningkat

4. Sesak saluran pernapasan / sulit bernapas.

5.Hidung terasa panas dan gatal.

6. Peradangan pada kulit

7. Efek terberat meninggal dunia

PENANGANAN

Penanganan jika terpapar gas air mata antara lain : 

1. Menutup hidung, mata dan mulut. 

2. Membersihkan barang/ pakaian yang terkontaminasi dengan air mengalir.

3. Mencuci  bagian tubuh yang terkena gas air mata dengan air mengalir.

4. Segera mandi menggunakan sabun dengan  air mengalir.

Terpapar gas air mata sama halnya dengan terpapar zat-zat kimia berbahaya. Diperlukan penanganan yang cepat dan tepat untuk menghindari efeksamping yang lebih berat.

AKAFARMA-AKFAR PIM turut berdukacita atas tragedi Kanjuruan yang mengakibatkan suporter AREMA terpapar gas airmata hingga mengakibatkan sejumlah  korban sakit dan meninggal dunia. Semoga kejadian tersebut tidak terulang lagi dimasa depan . Sebagai rasa solidaritas dan duka mendalam, AKAFARMA-AKFAR PIM melaksanakan doa dan istighosah bersama pada hari senin 3 oktober 2022.  AKAFARMA-AKFAR PIM ,”TOUCH YOUR FUTURE”

https://id.wikipedia.org/
HUMAS PIM

The post appeared first on GAS AIR MATA MENGAPA BERBAHAYA ? .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *