PIM News,  Umum

SENSASI BUNGA TELANG DI RW.06 KELURAHAN SUKUN MALANG

Rabu, 5 Oktober 2022 bertempat di Balai RW.06 Kelurahan Sukun, telah berkumpul 25 peserta ibu-ibu Kader Lingkungan  (Kader Link) , untuk mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat (ABDIMAS) oleh Dosen dan Mahasiswa Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) dan Akademi Farmasi (AKFAR) Putra Indonesia Malang (PIM). Tema  ABDIMAS  yaitu ” Inovasi minuman dan makanan  Olahan Telang”. Kegiatan ABDIMAS meliputi pemaparan materi tentang metode pengolahan  dari awal pasca panen, metode pengeringan, penyimpanan, pengolahan dan praktek pembuatan minuman kekinian berbahan telang.

Dra. Wahyu Wuryandari, S.Pd mengungkapkan bahwa ABDIMAS di kelurahan Sukun mengambil bahan olahan Telang karena warga banyak menanam telang dan belum dimanfaatkan dengan maksimal. Selain bunga telang potensi yang ada yaitu rempah-rempah bahan wedang Uwuh dan tanaman kelor. Perpaduan bahan tersebut dapat dijadikan minuman unik kekinian. Untuk penyajian lebih baik  menggunakan  cara dan tampilan apa adanya ,jangan pakai plastik tetapi  menggunakan  Daun jati anti mikroba, batok kelapa dan bahan alami lainnya.

Untung Budi Raharjo , ketua RW.06 dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada dosen dan mahasiswa AKAFARMA-AKFAR PIM atas kehadiran dalam kegiatan ABDIMAS ini. Kami juga sangat mendukung kegiatan ibu-ibu di RW.06, karena ketahanan pangan berada ditangan para ibu. Ibu-ibu adalah orang hebat, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan upaya penanganan bahan pangan menjadi lebih baik. Semoga kedepannya juga dilakukan pertemuan lanjutan bersama dengan team AKAFARMA-AKFAR PIM.

Dari peserta yang hadir dibagi menjadi 4  kelompok, masing masing membuat minuman  unik berbahan telang antara lain ternatea latte,bacalang, wedang rempah hangat dan sunny squash. Dengan semangat ibu-ibu bersama team AKAFARMA-AKFAR meracik berbagai bahan menjadi minuman menarik berwarna ungu kebiruan.  Anggraeni In Oktavia,SP,M.Ling sebagai  pemateri menjelaskan, Jika kita membuka usaha pada prinsipnya ketika memproduksi minuman agar konsisten rasanya, maka formulanya harus sama takaran dan prosesnya. Proses awal pasca panen dengan  mengeringkan telang cukup  diangin anginkan. Untuk  bahan obat telang tidak boleh dikeringkan diatas 60 derajad sebab metabolit sekunder akan rusak jika terkena panas, Agar khasiat tidak hilang,  telang tidak boleh dikeringkan terlalu panas dan kadar air tidak boleh lebih 10%. Cara menghitung kadar air yaitu menimbang 1 kg  telang  sebelum dikeringkan menjadi tinggal 100 gr telang kering. Penyimpanan juga harus baik agar tidak ditumbuhi bakteri, kapang dan khamir sebagai bahan beracun. 

Dua mahasiswa sebagai asisten dosen pada ABDIMAS di kelurahan Sukun adalah Rikosa Azka EL Uziah (Akfar 3A) dan Fadhilatul Aisyah (Akfar 3A).  Mahasiswi membantu Ibu-ibu Kader link RW.06  meracik minuman  sesuai dengan prosedur resep yang ditetapkan. Rikosa  mengatakan ,”Jamu biasanya pahit, tetapi kali ini jamu memiliki rasa nikmat dan segar serta bahan mudah didapat”.

Sesi tanya jawab disambut dengan antusias terlihat dari banyaknya peserta yang mengacungkan tangan. Salah satu peserta bernama Mianah menanyakan tentang bagaimana cara melihat telang kering terkontaminasi jamur atau tidak ?. Narasumber menjawab Telang yang terserang kontaminan terlihat berubah warna, kadar air kelopak  bunga meningkat, aroma berubah agak tengik, dan  tekstur mudah hancur.  Telang yang sudah terkontaminasi tentu tidak boleh dikonsumsi karena membahayakan kesehatan.

Team AKAFARMA-AKFAR PIM sebagai team ABDIMAS yang profesional memberikan pembinaan terbaik kepada warga masyarakat yang membutuhkan. Dosen pengampu AKAFARMA-AKFAR PIM memiliki dedikasi dan loyalitas  tinggi, perhatian dan sabar menjalankan proses pengabdian didampingi oleh mahasiswa. Kehadiran mahasiswa sebagai wujud institusi PIM  berkomitmen menghasilkan lulusan yang berpengalaman, berkualitas dan memiliki karir bergengsi setelah lulus.

H U M A S P I M

The post appeared first on SENSASI BUNGA TELANG DI RW.06 KELURAHAN SUKUN MALANG .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *