PIM News,  Umum

CIPLUKAN ENAK RASANYA BERMANFAAT

Ciplukan adalah tanaman liar yang sering tumbuh di semak-semak , sawah kering, dan sekitar hutan. Tanaman bernama latin Physalis angulata dan Physalis minima ini punya banyak nama. Orang asing menamakan  morel berry. Masyarakat Sunda menyebutnya cecendet. Sedangkan di Madura diberi nama yor-yoran. Sedangkan di  Bali, buah ini dijuliki keceplokan. Bunganya berbentuk lonceng, namun bentuk yang paling khas adalah kelopak yang berbuah membesar untuk menutupi buah dan menggantung ke bawah seperti lentera. Setiap buah memiliki bentuk seperti mutiara berwarna. Daunnya tunggal, bertangkai, bagian bawah tersebar, kondisi daun yang atas berpasangan,  helaian  berbentuk  bulat  telur-bulat  memanjang-lanset  dengan ujung runcing, ujung tidak sama (runcing-tumpul-membulat-meruncing), bertepi rata atau bergelombang-bergigi, 5-15 x 2,5-10,5 cm. Bunga tunggal, di ujung daun, simetris dan banyak, tangkai bunga tegak dengan ujung yang menunduk, ramping,  lembayung,  8-23  mm,  kemudian  tumbuh  sampai  3  cm.  Kelopak berbentuk  genta,  5  cuping  runcing,  hijau  dengan  rusuk  yang  lembayung. Mahkota berbentuk lonceng lebar, tinggi 6-10 mm, kuning terang dengan noda- noda coklat atau kuning coklat, tiap noda terdapat kelompokan rambut-rambut pendek yang berbentuk V. 

Kandungan Ciplukan (Physalis angulata L.)

Ciplukan (Physalis angulata L.) merupakan tanaman yang mengandung asam sitrat, Physalin terpen/ sterol, saponin, flavonoid dan alkaloid.  Tanaman ciplukan memiliki zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Antara lain:

1. Buah: mengandung vitamin C, asam sitrus, fisalin, zat gula, tanin, kriptoxantin, asam malat, dan alkaloid .

2. Akar dan batang: mengandung saponin dan flavonoid. 

3. Daun: mengandung polifenol dan asam klorogenat .

KHASIAT

Kandunganzat dan senyawa  dari  tanaman ciplukan dipercaya dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Khasiat atau manfaat ciplukan untuk kesehatan antara lain : 

1. Gusi berdarah .

Kandungan vitamin C dalam buah ciplukan bermanfaat mengatasi gusi berdarah. Mengonsumsi buah ciplukan segar sebanyak 30 buah setiap hari meningkatkan kadar vitamin C tubuh dan baik untuk kesehatan gusi.

2.Hipertensi

Ekstrak ciplukan bermanfaat  mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Metode yang digunakan yaitu meminum rebusan 5 gram buah ciplukan kering  dalam 110 mililiter air selama 10-15 menit. selanjutnya diminum dua kali sehari. Air rebusan ciplukan tidak boleh diminum setelah 24 jam karena sudah rusak.

3.Diabetes

Untuk mengobati kencing manis, rebus 10 gram ciplukan kering dalam 400 mililiter air. Tunggu rebusan selama 10-15 menit, sambil sesekali diaduk. Lalu saring, tunggu sampai dingin, baru minum dua kali sehari.

4.Batu ginjal

Ciplukan juga bermanfaatkan untuk mengatasi penyakit batu ginjal. Kandungan antibakteri dalam ciplukan dapat meluruhkan endapan kalsium dalam ginjal. Untuk mengatasi batu ginjal, gunakan campuran 10 gram ciplukan kering, 15 gram bawang dayak kering, 15 gram meniran kering, 15 gram kumis kucing kering, 30 gram kejibeling kering, dan 10 gram daun sendok kering. Campuran tersebut direbus dalam lima gelas air, dan tunggu hingga air rebusan susut menjadi tiga gelas. Setelah dingin diminum tiga kali sehari.

5.Bisul

Untuk mengatasi bisul, menggunakan satu genggam daun ciplukan, satu sendok teh adas pulasari, satu lembar daun sirih, dan sedikit garam. Semua bahan diremas-remas sampai lembut. Baru oleskan sekitar bisul.

Untuk menjamin keamanan obat tradisional ciplukan, sebaiknya berkonsultasi juga dengan dokter / Apoteker sebelum mengonsumsi ramuan di atas.

– dinkes.jogjaprov.go.id 
– Humas PIM

The post appeared first on CIPLUKAN ENAK RASANYA BERMANFAAT .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *