PIM News,  Umum

Mengapa Telur Ikan Baik Untuk Tubuh ?

Ikan dikenal sebagai makanan dengan  sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya bagian dagingnya, telur ikan juga memiliki manfaat  bagi tubuh . Telur ikan merupakan  hidangan laut yang lezat untuk dikonsumsi. dan mengandung banyak nutrisi  menyehatkan tubuh. Meskipun kecil, telur ikan memiliki beragam khasiat untuk kesehatan mata dan dan sendi.

KANDUNGAN NUTRISI

Setiap telur ikan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, tergantung pada jenisnya. Telur ikan mengandung karbohidrat yang baik untuk diikonsumsi, diperkaya dengan protein , vitamin B6 ,magnesium, selenium , mineral kolin  dan kolesterol yang sehat dalam tubuh.

Dalam 1 sendok makan (15–30 gram) telur ikan rata-rata mengandung sekitar 40 kalori dengan   nutrisi antaralain ,  1 gram karbohidrat, 2–3 gram lemak, 4–6 gram protein,  Lebih dari 100% kebutuhan harian vitamin B12,  80 miligram kolin atau 20% dari kebutuhan harian,  50 miligram magnesium atau 15% dari kebutuhan harian,  10 mikrogram selenium atau 20% dari kebutuhan harian. Telur ikan juga kaya  nutrisi penting lainnya, seperti asam lemak omega-3 dan asam amino. Mengonsumsi telur ikan diketahui hampir sama seperti mengonsumsi minyak ikan yang berkhasiat.

JENIS_JENIS TELUR IKAN

Ada banyak jenis telur ikan disekitar kita, Telur ikan yang biasa dikonsumsi antara lain telur ikan salmon, herringcapelin, atau gurame. Namun secara umum terdapat dua  jenis telur ikan yang sering dikonsumsi antara lain :
1. Kaviar
Merupakan telur ikan sturgeon yang dibuat secara eksklusif , telur   ditempatkan dalam kaleng untuk penyimpanan agar lebih tahan lama . Di Amerika Utara, istilah “kaviar” hanya digunakan untuk menyebut telur yang berasal dari ikan sturgeon. Namun di Eropa, kata tersebut mungkin menggambarkan telur ikan dari sumber lain.  Terdapat  berbagai jenis kaviar yang berasal dari berbagai jenis sturgeon, seperti ossetra, beluga, sevruga, dan kaviar Siberia.

2. Telur Ikan (Roe)
Sebutan telur ikan betina, telur roe bisa berasal dari berbagai jenis ikan. Antara lain trout, whitefish, salmon, atau bahkan gurame dan kerang. Telur ikan dapat bervariasi dalam ukuran, tekstur, dan warna. Harga produk berbeda-beda tergantung dari jenis ikan.

MANFAAT TELUR IKAN

Telur ikan bermanfaat  menjaga metabolisme tubuh dan kesehatan jantungmenjadi lebih kuat. Manfaat lain dari telur ikan antara lain :

1.Sebagai  Menu Diet

Telur ikan baik digunakan sebagai pilihan hidangan menu diet tertentu. misalnya diet Paleo dan diet rendah karbohidrat lainnya, karena telur ikan adalah sumber lemak sehat. Satu porsi telur ikan mengandung  439 miligram asam lemak omega-3 EPA dan 608 miligram DHA. Asam lemak omega-3 adalah lemak esensial, lemak yang  dikonsumsi dalam makanan karena tubuh tidak memproduksinya.

2. Kaya omega-3

Telur ikan merupakan umber asam lemak omega-3 yang  penting untuk kesehatan otak dan jantung. Konsumsi asam lemak omega-3 dapat menurunkan kemungkinan  terjserang penyakit jantung mengurangi tekanan darah tinggi. Asam lemak omega-3 dalam telur ikan dapat mengurangi risiko pembentukan plak dalam pembuluh darah dan peradangan dalam tubuh, melebarkan pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah.

3. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Telur ikan mengandung banyak vitamin D yang membuat tulang kuat. Vitamin D dalam telur ikan juga dapat menjaga kesehatan gigi.  Vitamin D dalam telur ikan dapat bantu menjaga kesehatan jantung.

4.Baik untuk  kesehatan mata

Senyawa DHA dan EPA yang terkandung dalam telur ikan diketahui mampu membantu perkembangan mata pada  bayi dan menjaga fungsi retina mata pada anak-anak serta orang dewasa.

5. Sumber protein

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, telur ikan dapat menjadi salah satu alternatif sumber protein  untuk memenuhi asupan protein harian . Telur ikan merupakan salah satu protein yang mengandung sembilan asam amino esensial yang lengkap. Sekitar 28 gram telur ikan  dapat memberikan  enam gram protein untuk tubuh Anda atau kurang lebih sama dengan protein yang terkandung dalam satu telur besar.

6. Baik untuk kesehatan otak

Selain asam lemak omega-3, pada telur ikan  juga terdapat asam lemak EPA, DPA, dan DHA yang sangat baik untuk kesehatan otak. Ketiga senyawa ini membantu mencegah penurunan kognitif dan meningkatkan perbaikan sel otak.

7. Mengandung selenium

Telur ikan  kaya asam lemak yang baik untuk tubuh, selain itu juga memiliki kandungan antioksidan selenium yang dapat menangkal radikal bebas juga berperan penting dalam daya tahan tubuh dan organ tiroid.

8. Memiliki vitamin B-12

Telur ikan juga memiliki kandungan vitamin B-12 yang berperan untuk metabolisme, produksi energi dalam tubuh, dan kesehatan saraf. Vitamin B-12 juga merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk saraf dan otak.

9. Meringankan radang sendi

Radang sendi atau rheumatoid arthritis merupakan gangguan autoimun yang dapat menyebabkan rasa nyeri di persendian. Telur ikan yang kaya asam lemak omega-3 diyakini mampu mengurangi gejala dari radang sendi.

10. Hidangan laut rendah merkuri

Telur ikan merupakan  hidangan laut rendah merkuri untuk dikonsumsi. Dibandingkan dengan bagian organ dalam dan daging ikan, telur ikan memiliki kadar merkuri yang paling rendah.

BAHAYA TELUR IKAN

Meskipun telur ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi perlu waspada sebelum mengonsumsinya. Telur ikan memiliki kandungan sodium dan kolesterol yang tinggi, karenanya produk laut ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebih. Telur ikan juga mengandung senyawa purin yang tinggi dan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat atau orang-orang yang rentan mengalami asam urat. Bagi  yang memiliki alergi ikan atau seafood, sebaiknya perlu menjauhi telur ikan. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter  sebelum mengonsumsi telur ikan terutama jika menderita kondisi medis tertentu, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan asam urat.

reff
– sehatku.com
– orami.com
– daftarhewan.com
– Humas PIM

The post Mengapa Telur Ikan Baik Untuk Tubuh ? appeared first on .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *