ASMAN TOGA MEMBUAT MINUMAN JAMU KEKINIAN BERSAMA AKFAR PIM

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat AKADEMI FARMASI PUTRA INDONESIA MALANG ( LPPM-AKFAR PIM) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ( PENGMAS) pada hari  kamis , 4 Agustus 2022 . dengan tema ” Pelatihan Formulasi Minuman Jamu Kekinian”. Kegiatan ini bertempat di laboratorium Farmakognosi AKFAR PIM Jalan Barito no 5 Malang dihadiri oleh  perwakilan Dinas Kesehatan Kota Malang, Direktur AKFAR dan AKAFARMA , Dosen AKFAR PIM, Narasumber serta Komunitas ASMAN TOGA  ( Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga) dibawah bimbingan DINKES Kota Malang.

Kegiatan  pelatihan ini meliputi 3 materi dan praktek  yaitu  :

  Pelatihan formulasi sediaan jamu kekinian oleh Joko Apryanto 
  Pelatihan Pemotretan produk oleh apt. Lailiiyatus Syafah, M.Farm. 
 Pelatihan pemasaran produk melalui sosial media  Rosyidah Rahmah , S.E.  ( OCHI)

Joko Apryanto   dalam uraiannya tentang pemotretan produk menjelaskan tentang smartphone (peralatan untuk foto produk ), manfaat foto produk, jenis-jenis foto produk , dan berbagai jurus teknis pemotretan produk diantaranya tehnik mengenali smartphone, mencari obyek foto , mencari referensi foto, ruangan dan tempat foto, backgroun foto dan seterusnya. Peserta pelatihan tidak hanya diberikan materi fotografi tetapi juga melakukan praktek  pengambilan foto dari produk hasil kreasi pembuatan jamu. Untuk pelatihan yang berkelanjutan narasumber membagikan link IG @apry-aje sebagai ajang komunikasi lanjutan.

apt. Lailiiyatus Syafah, M.Farm. sebagai Dosen Akfar memberikan uraian tentang formulasi jamu kekinian , diawali dengan penjelasan tentang kelebihan berbisnis jamu , life style jamu kekinian dengan aneka warna yang menarik, berbagai macam contoh contoh jamu herbal kekinian, dilanjutkan dengan praktek pembuatan produk.

Rosyidah Rahmah , S.E.  ( OCHI) menjelaskan tentang cara jitu meningkatkan penjualan lewat pemasaran online menggunakan sosial media platform,  diantaranya Whatssapp bisnis, Shophee, IG dan Facebook. Dua materi penting dalam pemasaran online yaitu content ( isi dari produk yang diiklankan) dan sosial media sebagai wadah beriklan.

Pelaksanaan Pengmas dilanjutkan dengan penandatanganan MOU kerjasama kegiatan Penyuluhan, pelatihan pembuatan produk dan lain lain,  antara AKAFARMA-AKFAR PIM dengan ASMAN TOGA Mandiri. dilanjutkan dengan sambutan penutup olah dr.Ella sebagai perwakilan dari Dinkes Kota Malang.  Dalam sambutannya dr.Ella berharap pertemuan tidak hanya berhenti sampai disini, tetapi dapat dilanjutkan dengan pertemuan kolaborasi lanjutan dengan dunia pendidikan.

Sebagai penutup semua peserta pelatihan melakukan foto bersama narasumber dengan slogan  dan yel yel ASMAN-TOGA serta yel-yel  AKAFARMA-AKFAR PIM.

HUMAS PIM

 

 

The post ASMAN TOGA MEMBUAT MINUMAN JAMU KEKINIAN BERSAMA AKFAR PIM appeared first on .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.