PIM News,  Umum

KEJI BELING ATAU GEMPUR BATU OBAT BATU GINJAL

Daun gempur batu juga disebut sebagai daun keji beling. Keji beling merupakan species tanaman dari genus Strobilanthes. Genus ini merupakan anggota dari famili Acanthaceae , dalam bahasa latin adalah Strobilanthes crispus BL. Keji beling tumbuh liar di hutan, di ladang-ladang, dan ditanam di pekarangan sebagai pagar hidup. Keji beling mudah berkembang pada tanah  subur, agak terlindung, dan tempat terbuka. Selain itu tanaman tumbuh pada tempat dengan ketinggian 1-1000 m di atas permukaan laut, dengan curah hujan 2500mm-4000mm/tahun, kelembapan dan penyinaran sedang, dan pH 5,5-7.  Tanaman Keji beling mudah ditemukan pada   daerah sungai dengan tingkat curah hujan yang cukup tinggi. Daunnya  berwarna hijau tua dengan banyak bulu halus di permukaannya. Tanaman keji beling adalah tanaman perdu atau semak dengan tinggi mencapai 1-2 meter. Batang beruas-ruas. Batang yang masih muda memiliki bulu yang kasar dan berwarna hijau. Daunnya bertangkai pendek, berbentuk lanset memanjang atau hampir berbentuk lonjong. Panjang
helaian 9-18 cm dan lebar 3-8 cm. Kedua permukaan kasar dan berambut. Pertulangan menyirip dengan sudut sekitar 600terhadap ibu tulang. 

Kandungan Daun Keji Beling

Ekstrak daun keji beling mengandung sejumlah besar senyawa aktif seperti polifenol, katekin, alkaloid, kafein, tanin, vitamin (C, B1 dan B2) dan juga kandungan mineral yang tinggi termasuk kalium (51%), kalsium (24%), natrium (13%), besi (1%) dan fosfor (1%). Pada daun mengandung komponen seperti kalium kadar tinggi, natrium, kalsium, asam silikat, garam alkali, karbonat, beberapa senyawa saponin, flavonoid, glikosid, sterol, kelompok terpen seperti triterpena, dan lemak.   Daun gempur batu mengandung sejumlah senyawa baik yang dapat membuat tubuh menjadi sehat tanpa penyakit. 

Khasiat Daun Keji Beling

tanaman keji beling mengandung beberapa zat gizi yang berkhasiat dalam mengobati beberapa penyakit antara lain: 

1. Menyembuhkan kencing batu
Daun gempur batu bermanfaat menyembuhkan kencing batu. Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun  mampu menyehatkan  saluran kencing  menjadi .

2. Memperlancar buang air kecil/mengobati infeksi saluran kemih
Daun gempur batu  berkhasiat memperlancar buang air kecil. Kandungan alami dalam daun dapat mengurangi bakteri untuk mengobati infeksi sehingga kencing  menjadi  lancar .

3. Obat batu ginjal
Hasil penelitian  menunjukkan pengaruh ekstrak daun keji beling terhadap kelarutan batu ginjal kalsium yang dilakukan secara invitro,  dari 100 mg batu ginjal kalsium yang direndam dengan ekstrak daun keji beling dosis 3,2 g selama 21 hari dengan pembawa air suling dapat melarutkan
batu ginjal kalsium 315,58 μg/mg.

4. Mencegah sembelit
Khasiat daun gempur batu mampu mencegah terjadinya sembelit dalam sistem pencernaan . Daun ini akan membuat usus pencernaan  bekerja dengan lebih baik sehingga sembelit dapat dicegah secara alami.

5. Mengatasi wasir
Daun gempur batu bermanfaat mengatasi penyakit wasir sebagai obat herbal alternatif. Penggunaannya yaitu dengan mengonsumsi air rebusan rutin sampai hingga wasir hilang.

6. Anti tumor
Daun gempur batu  juga berkhasiat mencegah terjadinya tumor di dalam tubuh. Penggunakan daun ini sebagai herbal alami, mampu menurunkan resiko terkena tumor.

7. Menyingkirkan diabetes
Bagi penderita diabetes sebaiknya menggunakan daun gempur batu untuk menyembuhkan penyakit gula ini. Daun gempur batu dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah  yang naik terlalu tinggi.

8. Mengatasi sakit kuning
Sakit kuning adalah jenis sakit yang menyerang bagian organ hati  atau sering disebut dengan hepatitis. Untuk mencegahnya, cobalah mengonsumsi air rebusan daun gempur batu sescara rutin. 

9. Anti kolesterol
Kandungan alami dalam daun gempur batu dapat digunakan sebagai  anti kolesterol alami. Jika  tingkat kolesterol  tinggi, dapat dituurunkan dengan menggunakan daun gempur batu.

10. Mengatasi maag / menyehatkan lambung.
Penyakit maag sebaiknya diobati dengan bahan yang alami karena terkadang lambung  tidak dapat menerima obat kimia. Solusi terbaik yaitu menggunakan manfaat daun gempur batu dalam mengatasi maag.
 Selain 10 manfaat tersebut diatas, Daun Gempur Batu juga bermanfaat untuk Menyembuhkan diare, mengobati gatal kulit, mencegah disentri.
Selamat mencoba.

-Nurraihana dan Hanoon, 2013. Pemanfaatan tumbuhan keji beling sebagai obat tradisional
-Humas PIM

The post KEJI BELING ATAU GEMPUR BATU OBAT BATU GINJAL appeared first on .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *