PIM News,  Umum

Pertahankan Kualitas Lulusan, AKFAR PIM Lakukan Ujian OSCE secara Mandiri

Sebagai salah satu pelopor kampus diploma farmasi di Indonesia, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang (AKFAR PIM) selalu konsisten dalam menjaga kualitas lulusannya. Kampus yang terletak di Jalan Barito No.5 Kota Malang tersebut pada tahun ini melakukan ujian OSCE (Objective Structured Clinical Examination) secara mandiri.

OSCE merupakan salah satu komponen untuk menguji kompetensi lulusan dari aspek keterampilan. Untuk aspek pengetahuan, telah diberlakukan UKTTK (Uji Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian) melalui metode CBT (Computer Based Test).

Ujian OSCE ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan kepada khalayak bahwa lulusan AKFAR PIM memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh Tenaga Teknis Kefarmasian. Kompetensi tersebut sangat dibutuhkan untuk melakukan praktek pelayanan kefarmasian, antara lain di Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, dan Apotek.

apt. Endang Susilowati, M.Farm-Klin. selaku Wakil Direktur I AKFAR PIM menjelaskan, “Pelaksanaan ujian OSCE pada tahun ini merupakan inisiatif kami selaku penyelenggara pendidikan Diploma 3 Farmasi. Skalanya pun masih di internal kampus, berdasarkan pedoman yang disusun oleh Asosiasi Pendidikan Diploma Farmasi Indonesia (APDFI). Pedoman tersebut masih terus diupgrade oleh APDFI, tapi kampus-kampus yang memiliki program studi D3 Farmasi dibolehkan melakukan ujian OSCE secara mandiri.”

Terdapat enam materi uji yang terbagi ke dalam 6 stasion yang harus dikerjakan oleh para lulusan. Materi uji tersebut yaitu Penyiapan Sediaan Farmasi, Penerimaan Obat, Penyimpanan Obat, Skrining Resep, Dispensing Resep, dan Swamedikasi. Pada tahun ini ujian OSCE di AKFAR PIM diikuti oleh 126 peserta.

“Kami terus berupaya untuk menyiapkan lulusan yang kompeten di dunia kerja. Salah satunya melalui ujian OSCE ini. Beberapa materi uji OSCE ini pun sudah mulai diterapkan pada beberapa mata kuliah praktikum agar proses pembelajaran yang diterapkan di AKFAR PIM mendukung pencapaian kompetensi lulusan. ” lanjut dosen yang mengampu mata kuliah Farmakologi tersebut.

Pada kesempatan lain, Direktur AKFAR PIM, apt. Bilal Subchan A.S., M.Farm. juga memberikan pernyataan “Kampus PIM mungkin merupakan yang pertama kalinya di Kota Malang mengadakan ujian OSCE untuk lulusan D3 Farmasi. Hal ini memang dimaksudkan untuk menjaga output lulusan kami selalu baik, sesuai reputasi yang sudah terbangun di dunia kerja sejak puluhan tahun yang lalu.”

“Para peserta yang dinyatakan kompeten melalui ujian OSCE ini akan diberikan sertifikat oleh kampus. Ke depannya sertifikat itu akan turut diakui oleh organisasi profesi (PAFI) ketika ujian OSCE sudah diberlakukan secara nasional oleh APDFI.” tutup beliau.

The post appeared first on Pertahankan Kualitas Lulusan, AKFAR PIM Lakukan Ujian OSCE secara Mandiri .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *