PIM News,  Umum

LOMBA KREASI MENU BERBAHAN DASAR PANGAN LOKAL DI KELURAHAN BUNULREJO

Satu persatu peserta lomba  “Kreasi Menu Berbahan Dasar Pangan Lokal” memasuki ruangan dan menata menu makanan diatas meja yang disediakan. Peserta lomba adalah perwakilan ibu-ibu PKK dari beberapa RW di kelurahan Bunulrejo  kota Malang. Lomba yang digelar  adalah bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDIMAS) Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang (AKAFARMA-PIM) pada hari Rabu , 25 oktober 2022 di AULA kelurahan Bunulrejo  kota Malang.

“Lomba menu berbahan dasar pangan lokal kali ini melibatkan perwakilan RW di kelurahan bunulrejo menghadirkan tim yang luar biasa, terutama dari tim AKAFARMA PIM sebagai tenaga ahli bidang pangan dan ahli gizi puskesmas Kendalkerep. Saya berharap  partisipasi dari ibu-ibu PKK dapat meningkatkan kemampuan memenuhi makanan bergizi di masyarakat” ujar Hj.Eko sebagai ketua PKK bunulrejo.

Ibu  Dewi sebagai  ahli gizi dari puskesmas Kendalkerep  dalam sambutannya mengungkapkan,   pemberian menu makanan yang baik  harus disesuaikan dengan  usia terutama untuk balita . Jangan memberikan makanan lengkap orang dewasa kepada balita. Balita tidak boleh makan saos.wafer biskuit, minum Susu segar orang dewasa. Makanan Balita sebaiknya diutamakan berbahan lokal dengan  sumber protein hewani dan nabati. 

Juri utama lomba yaitu Fitri Eka Lestari, S.Gz.M.Biomed. ,  berkeliling menghampiri  setiap menu lomba yang disajikan masing-masing RW. Beberapa pertanyaan yang disampaikan kepada peserta lomba diantaranya  bahan dasar menu, proses pembuatan  dan kratifitas penampilan. Masing masing peserta mempresentasikan hasil karya menu yang disajikan  kepada juri dan ibu-ibu PKK. Dosen AKAFARMA PIM tersebut mengutarakan syarat menjadi pemenang lomba yaitu wajib menggunakan bahan pangan lokal, mudah diolah dalam dapur rumah tangga, memiliki nilai nutrisi yang baik dan kreativitas sajian yang menarik.  Hasil penilaian juri ditetapkan  pemenang utama yaitu tim RW 10 dengan menu Dimsum telang sedangkan juara 2 dan 3 yaitu tim dari RW 3 dengan menu lumpur ubi ungu dan RW 17 dengan tema menu kentang bersarang burung pipit.

Diakhir kegiatan, tim HUMAS PIM mendapatkan kesempatan untuk membagikan beberapa sovenir kepada  peserta lomba. Beberapa pertanyaan tentang AKAFARMA –PIM disampaikan kepada peserta dengan hadiah cindramata kepada peserta yang dapat menjawab. Kegiatan ditutup  dengan doa dan foto bersama ibu-ibu PKK.

HUMAS PIM

The post appeared first on LOMBA KREASI MENU BERBAHAN DASAR PANGAN LOKAL DI KELURAHAN BUNULREJO .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *