PIM News,  Umum

Cegah Diabetes Melitus Bersama AKFAR PIM & POLRES MALANG

Senam pagi mengawali kegiatan penyuluhan dalam rangka pengabdian masyarakat (ABDIMAS) Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang (AKFAR PIM) di POLRES MALANG, Kepanjen, pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022. Peserta penyuluhan merupakan anggota keluarga dan purnawirawan POLRES Kepanjen Kabupaten Malang. Usai senam pagi peserta istirahat, duduk  berkumpul sambil mendengarkan informasi tentang Diabetes Melitus (DM) dari Mahasiswa dan Dosen AKFAR PIM.

apt. Ellyvina Setya Dhini, S.Si., M.Farm. mengungkapkan bahwa penyuluhan kali ini merupakan terapan dari mata kuliah Pengantar Farmasi Klinis. AKFAR PIM Bekerja sama dengan Klinik Pratama POLRES MALANG yang berlokasi di Kepanjen Kabupaten Malang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menginformasikan tentang Diabetes Melitus. Dengan penyuluhan, diharapkan para Prolanis DM memahami tentang terapi farmakologis (terapi dengan menggunakan obat) dan terapi non farmakologis (pengaturan pola makan dan pola hidup).

Enam mahasiswa yaitu Nafa Amelinda Sabda, Nur Asia, Elsa Ulul Fauziah, Rahmawati Nailatus Syarifah, Haidar Shafy Salsabila, dan Fajriana Ikra Pratidina secara bergantian memberikan informasi tentang apa itu DM, mengapa terjadi DM, cara mengenali gejala, pencegahan, dan metode pengobatan DM. Hampir 30 menit presentasi tentang DM diberikan oleh mahasiswa secara detail, tanpa kendala yang berarti. Di akhir sesi, para mahasiswa memberikan kesempatan kepada peserta untuk berdiskusi.

Forum diskusi disambut cukup antusias oleh peserta. Setiap pertanyaan yang diajukan mendapatkan jawaban dari mahasiswa serta informasi lanjutan oleh Dosen pembimbing. Salah satu peserta yaitu Budi Purwaji, purnawirawan Polres Malang, menanyakan tentang apakah terlalu sering buang air kecil pada malam hari juga merupakan gejala dari DM. 

Mahasiswa sebagai narasumber memberikan penjelasan tentang gejala DM meliputi Polidipsi (merasa sering haus), poliuri (sering buang air kecil), polifagi (rasa lapar berlebihan), mudah mengantuk, luka yang tidak sembuh-sembuh dan terjadinya penurunan berat badan. Lebih lanjut Dosen AKFAR PIM, apt. Ellyvina Setya Dhini, S.Si., M.Farm. menambahkan, “untuk memastikan DM, seseorang sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan uji laboratorium kadar gula darah.”

Penyuluhan berakhir dengan harapan dari dari peserta agar ke depannya AKFAR PIM dapat melaksanakan kegiatan yang berkelanjutan dengan Klinik Pratama Polres Malang.

The post appeared first on Cegah Diabetes Melitus Bersama AKFAR PIM & POLRES MALANG .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *