HIDUP DAMAI BERSAMA HIPERTENSI DAN DIABETES MILLITUS

AKADEMI FARMASI PUTRA INDONESIA MALANG (AKFAR-PIM) Mengadakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PEBGMAS) pada hari Jum’at 26 Agustus 2022, bertempat di Puskesmas Beji Batu,  dengan tema ,” Hidup Damai Bersama Hipertensi Dan Diabetes Millitus”.  Peserta terdiri atas ibu-ibu kelompok program lansia (PROLANSIA)  Beji kota Batu, sedangkan Tim AKFAR-PIM terdiri atas 3 dosen ( apt. Endang Susilowati, M.Farm-Klin,apt.,  Mardhiyah, S.Farm. , apt. Ellyvina Setya Dhini, S.Si., M.Farm.) dan   4 mahasiswa (Alinda Sasak Kirana smt 5, Inayah Alfadita smt5 , Lisda Yusni Pratiwi smt 5, Aisha cahaya  smt 3 ). 

Kegiatan PENGMAS diawali dengan pengisian Pre quisioner kepada ibu-ibu kelompok PROLANSIA , beberapa sambutan, presentasi penyuluhan  oleh tim dosen  akfar, tanya jawab dan ditutup dengan pengukuran beberapa indikator kesehatan ( tekanan darah, kadar gula darah, asam urat). 

Kepala puskesmas dr. Mufid  dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur Alhamdulilah atas kehadiran dosen  senior AKFAR PIM  yang berpengalaman. Yang berbeda hari ini adalah  focus informasi pengobatan, walaupun secara keseluruhan dalam  menangani diabet dan hipertensi harus mengutamakan pencegahan, primer maupun sekunder, yg ringan jangan jadi sedang. sedang jangan jadi berat, berat jangan jadi komplikasi. Sebab yang berbahaya itu komplikasinya. Dua2nya jahat, jika kita bisa mengelola akan jadi jinak.  Informasi sangat penting terutama untuk Perilaku yang benar saat minum obat, kapan harus minum dan kapan harus dihentikan.

apt. Endang Susilowati, M.Farm-Klin,apt dalam uraiannya menjelaskan beberapa hal tentang Hipertensi dan Diabetus millitus, obat yang harus diwaspadai dapat meningkatkan tekanan darah, beberapa tehnik pencegahan misal  olahraga  seminggu minimal 3x. Setiap olahraga minimal 30 menit. Dg intensitas cukup. Menurunkan berat badan, mengatur pola makan, dan berhenti merokok.  Berhati hati membeli obat flu dengan  komposisi tertentu yang dapat meningkatkan hipertensi. Untuk obat kontrasepsi sebaiknya menghindari obat yang mengandung hormon karena dapat meningkatkan tekanan darah. Beberapa pantangan makanan untuk penderita hipertensi antara lain :  asin gorengan, daging lemak santan. Konsumsi Garam bisa diganti dengan garam rendah natrium. Pada  Diabetes sebaiknya mengurangi, gula, sirup,  tepung tepungan/karbohidrat. Buah aman, pisang, jeruk, pepaya. Nasi dibatasi takarannya, dalam 1 piring nasi 1/4 bagaian selain buah dan sayur.  Keberhasilan pengobatan salah satunya patuh minum obat, jangan takut minum obat selama mendapat petunjuk dari dokter.

Sesi tanya jawab  diisi dengan angkat tangan antusias ibu- ibu PROLANSIA dengan pertanyaan yang beragam. Lebih bersemangat lagi ketika pertanyaan yang telah diberikan jawaban akan mendapatkan hadiah DOORPRIZE dari tim AKFAR PIM. DOORPRIZE dibagikan merata kepada ibu-ibu yang telah bertanya. Sebagai penutup ibu-ibu PROLANSIA  secara bergantian dilakukan pengukuran kesehatan /kadar gula darah dan lain2 hingga satu persatu meninggalkan tempat usai pengukuran kesehatan.

HUMAS PIM

The post HIDUP DAMAI BERSAMA HIPERTENSI DAN DIABETES MILLITUS appeared first on .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.