TIPS MEMILIH DAGING SAPI YANG BAIK UNTUK DIKONSUMSI

Daging sapi didefinisikan sebagai  jaringan hewan dan semua produk hasil pengolahan jaringan-jaringan tersebut untuk dimakan serta tidak menimbulkan gangguan kesehatan bagi yang memakannya, sebagai bagian dari hewan potong yang digunakan manusia untuk bahan makanan. Daging sapi merupakan produk ternak dengan sumber protein hewani sebagai bahan pangan dengan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk pertumbuhan dan kesehatan.

Daging sapi merupakan salah satu bahan pangan asal ternak yang mengandung nutrisi berupa air, protein, lemak, mineral, dan sedikit karbohidrat sehingga dengan kandungan tersebut menjadikan medium yang baik untuk pertumbuhan bakteri dan menjadikan mudah mengalami kerusakan . Bahan pangan asal ternak menjadi berbahaya dan tidak berguna apabila tidak aman sehingga perlu menjaga keamanannya agar berguna bagi tubuh.

Kriteria Penentuan Mutu Daging :

Nilai gizi : Protein, lemak,karbohidrat,vitamin, mineral.
Selera Konsumen : Penampilan Daging (Wrana, keempukan, derajat perlemakan, firmness, juiceness,tekstur,dll.
Teknologi pengolahan dan penanganan dari hulu ke hilir.

 

BEBERAPA TIPS MEMILIH DAGING SAPI YANG BAIK DIANTARANYA :

Perhatikan warna daging sapi

Cara memilih daging yang segar bisa dilihat dari warnanya. Perhatikan warna daging sebelum membeli. Daging sapi yang memiliki kualitas baik adalah daging yang masih berwarna merah ceri dan tampak segar. Sebaiknya jangan pilih daging yang warnanya sudah terlihat pucat atau kotor.

Merasakan tekstur daging sapi

Daging segar memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek. Jika menekan daging dan kembali ke bentuk semula maka dipastikan daging segar dan baru. Jika saat ditekan daging lembek dan tidak kembali ke bentuk semula, kemungkinan daging sudah rusak dan busuk.

Mencium aroma daging

Mencium aroma yang keluar dari daging untuk memastikan segar atau tidak. Daging sapi yang kualitasnya baik biasanya memiliki aroma segar khas sapi. Sedangkan daging yang membusuk biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau tercium bau amis yang menyengat.

Memasastikan daging tidak berair

Sering terlihat cairan berwarna merah mirip darah di sekitar daging. Cairan tersebut sebenarnya adalah “sari” yang dikeluarkan oleh daging. Untuk itu, jika ingin membeli daging sebaiknya memilih yang tidak berair, karena jika daging sapi mengeluarkan banyak air artinya daging tersebut sudah cukup lama berada di udara bebas atau kemungkinan daging gelonggong.

Hindari untuk membeli daging beku

Meskipun tidak semua daging beku sudah tidak segar namun kualitasnya tentu berbeda. Jika terpaksa membeli daging beku, hindari daging yang ada bunga esnya, karena hal tersebut menunjukkan daging sudah disimpan dalam waktu yang lama.

Cek tanggal produksi

Cek tanggal pada kemasan pembungkus daging. Perhatikan tanggal pemotongan dan batas konsumsi yang tercantum pada labelnya.

Pada saat ini memasuki hari Raya Qurban , perlu memperhatikan dengan seksama daging yang akan dikonsumsi. Kondisi daging yang dikonsumsi sedikit banyak mempengaruhi kesehatan terhadap orang yang mengkonsumsi.  olehkarena itu mengkonsumsi daging yang sehat  dan berkualitas sangat dianjurkan bagi konsumen.

 

http://eprints.undip.ac.id/51980/3/Bab_II
https://www.agropustaka.id/wp-content/uploads/2020/08/agropustaka.id
Humas PIM

The post TIPS MEMILIH DAGING SAPI YANG BAIK UNTUK DIKONSUMSI appeared first on .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.