DAUN SINTRONG LALAPAN NIKMAT BERKHASIAT

Daun sintrong merupakan bagian dari tanaman sintrong (Crassocephalum crepidiodes) yang  sering dimanfaatkan sebagai sajian, urap, pecel dan lain-lain. Biasanya, daun sintrong sering disajikan sebagai lalapan atau pendamping makanan. Sebagai lalapan, daun  ini memiliki rasa yang unik dan bisa menambah kenikmatan makanan utama yang disajikan. . Di Indonesia, daun sintrong memiliki nama tersendiri di setiap wilayah, seperti di Bali disebut dengan daun kejompot/ kepotpot/ kejengot/ kejelengot, sedangkan di daerah Pulau Jawa disebut daun sintrong. Daun sintrong (Crassocephalum crepidiodes) memiliki kandungan minyak atsiri , selain itu juga mengandung saponin, flavonoid dan polifenol . Hasil penelitian menunjukkan  ekstrak etanol daun sintrong memiliki kadar total senyawa fenolik sebanyak 1,8581 g GAE/100 g ekstrak.

MANFAAT

Tidak hanya memiliki cita rasa yang unik dan segar, daun sintrong juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Secara tradisional, sintrong  dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, sakit perut, mengobati luka, antelmentik, antiinflamasi, antidiabetes, dan antimalaria. Beberapa manfaat lain daun sintrong diantaranya: 

 Menjaga Kesehatan Kulit . Kandungan saponin, polifenol, dan flavonoida pada daun sintrong berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menjaga elastisitas kulit. Selain itu, flavonoida berperan sebagai UV filter alami untuk melindungi kulit dari pancaran sinar matahari.
Menurunkan Risiko Obesitas.
Dengan mengonsumsi daun sintrong secara rutin dan mendampinginya dengan pola hidup sehat, maka dapat menurunkan berat badan secara alami.Daun sintrong tidak meningkatkan  lemak pada tubuh, sehingga bisa membantu program diet yang sedang Anda jalani.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun sintrong memiliki kandungan vitamin B kompleks yang mampu menjaga daya tahan tubuh dan melawan radikal bebas. Dengan mengonsumsi daun ini secara rutin, kesehatan tubuh dapat terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Melancarkan PencernaanSusah buang air besar atau konstipasisering dialami setiap orang. Konstipasi terjadi karena usus menyerap terlalu banyak air dari kotoran atau feses. Sehingga, hal ini membuat feses menjadi kering dan susah dikeluarkan dari tubuh. Salah satu cara mengatasi susah buang air besar yaitu dengan mengonsumsi daun sintrong. Kandungan serat utuh pada daun sintron berperan penting untuk melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

Menyeimbangkan kadar Kolesterol.  Kolesterol merupakan zat lemak yang terdapat di dalam sel tubuh. Kadar kolesterol yang seimbang  dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Bila jumlah kolesterol terlalu tinggi,  dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kronis seperti terkena penyakit jantung hingga stroke.Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sintrong mampu mengatasi kolesterol tinggi. Caranya cukup mudah dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan daun sintrong memiliki aktivitas biologis terhadap staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

– Jurnal Itepa, 9 (2) Juni 2020, 202-210 ISSN : 2527-8010 (Online)
-https://www.merdeka.com/
-https://www.orami.co.id/magazine/
-Humas PIM

The post DAUN SINTRONG LALAPAN NIKMAT BERKHASIAT appeared first on .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.